Fitness Pria Fitness Pria Fitness Wanita Fitness Wanita Blog Program Nav Nav Slider Nav Slider Nav
We deliver excellent results with commitment. Youtube Fitness Indonesia Facebook Fitness Indonesia Twitter Fitness Indonesia Member Fitness Indonesia

Tentang Coach Ryan

Coach Ryan Fitness Indonesia
Coach Ryan dengan Filosofi Latihannya

Halo! Perkenalkan. Nama saya Ryan Ricky Wirawan. Samarinda, Kalimantan Timur adalah kota kelahiran saya. Sejak tahun 2012, saya aktif bertanding di ajang Body Contest. Berawal dari kesuksesan saya di ajang tersebut, saya pun mulai menjadi narasumber bagi teman-teman dan keluarga saya mengenai teknik latihan yang benar. Walapun begitu, baru di tahun 2013, saya menemukan jati diri saya sebenarnya, bahwa saya adalah seorang fitness coach yang terfokus pada 1 hal semata, yaitu Hasil, bagaimana memandu seseorang dalam berlatih dan berdiet hingga dari situ, kualitas hidupnya meningkat, dari segi kesehatan dan penampilan.

Berikut adalah cerita perjalanan saya sampai saya menemukan jati diri saya.

Perjalanan saya menemukan jati diri saya memiliki awal yang cukup unik. Awal perjalanan saya ditandai dengan pertemanan saya dengan seorang street magician saat saya masih di bangku SMK. Melihat dia yang begitu pandai dan passionate dalam mengerjakan apa yang menjadi talentanya, saya pun iri secara saya hanya berkecimpung di bidang IT, yang tidak terlalu saya gemari. Satu prinsip yang saya pelajari dan selalu saya ingat dari dia adalah “Selalu berusaha untuk menjadi yang paling hebat dalam hal yang anda sukai”.

Dari prinsip tersebut, saya pun diajarkan untuk selalu memiliki sikap “Saya Bisa” dan rasa percaya diri. Sampai di awal tahun 2012, ketika saya sedang menghadiri sebuah event umum di Samarinda, secara kebetulan, di sebelahnya, sedang berlangsung ajang Body Contest. Inilah saat pertama saya menyaksikan sendiri bentuk badan para kontestan yang sangat estetik. Langsung, saya merasa sangat kagum melihatnya dan dari diri saya, muncul sebuah tekad untuk suatu hari bisa juga memiliki bentuk badan bagus seperti itu dan menjuarai ajang kompetisi yang sama

Dan begitulah kejadiannya 8 bulan kemudian!

Saya terpilih menjadi juara harapan pertama dari puluhan peserta ajang Body Contest kategori “New Beginning” di Balikpapan, Desember 2012. Dalam waktu 8 bulan, saya mampu membangun badan saya dari 0 sampai menjadi juara, hanya bermodalkan tekad dan usaha serta sedikit wawasan soal latihan dan diet yang saya dapatkan dari internet.

Coach Ryan Fitness IndonesiaCoach Ryan Fitness IndonesiaCoach Ryan Fitness Indonesia
Coach Ryan di Ajang Body Contest

Dari sinilah saya menyadari pentingnya pengetahuan yang tepat soal latihan dan diet untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Saya pun terus belajar dari berbagai sumber sampai saya menemukan Fitness Indonesia. Saya belajar banyak dari Fitness Indonesia dan sangat terinspirasi dengan cerita, pengalaman, dan pengetahuan Coach Tobias. Seiring bertambahnya pengetahuan saya, semakin banyak pula yang meminta saya untuk melatih dan membimbing mereka dalam membangun dan membentuk tubuh mereka. Melihat mereka mendapatkan hasil yang pantas mereka dapatkan setelah segala usaha mereka, menyaksikan senyum puas di wajah mereka atas bentuk badan mereka, mengalami betapa senangnya saya menjadi bagian dari perjalanan mereka, saya akhirnya menyadari bahwa disinilah tempat saya, inilah panggilan saya, seorang fitness coach yang siap dan akan melakukan apa pun untuk memastikan mereka yang saya bimbing mendapatkan hasil yang pantas mereka dapatkan dari usaha, waktu, dan tenaga mereka.

Perjalanan saya memenuhi panggilan saya pun berlanjut sampai di akhir tahun 2013, Fitness Indonesia mengundang saya untuk try out di Jakarta sebagai kandidat staf pelatihnya. Telah mengetahui reputasi, visi, dan misi, serta standar tinggi Fitness Indonesia yang selalu mengejar Excellence, Results dengan Commitment penuh, saya pun tak ragu untuk berangkat dari Samarinda ke Jakarta. Dan memang, standar seleksi staf pelatih yang dimiliki Fitness Indonesia tidaklah sembarangan. Berbeda dengan gym-gym lain yang hanya mementingkan sertifikat, Fitness Indonesia justru menomor dua-kan sertifikasi secara sertifikasi pada umumnya hanya terbatas pada teori yang umum. Yang diutamakan Fitness Indonesia adalah bukti nyata, apakah saya bisa melatih diri saya sendiri, apakah saya bisa mengolah dan membangun tubuh saya sendiri, bagaimana saya berlatih, dan bagaimana teknik latihan saya (dan memang benar, bagaimana bisa kita melatih orang lain bila kita tak bisa melatih diri kita sendiri).

Jujur, saya kesulitan melewati proses seleksi dari Fitness Indonesia, khususnya bagian “tes latihan beban (workout test)” (dimana Coach Tobias meminta saya menjalani salah satu program latihan yang dia design untuk kliennya) dan “tes kasus nyata (case studies)” (dimana Coach Tobias bertanya bagaimana saya menghadapi berbagai pertanyaan, kasus atau permasalahan nyata yang dialami klien-kliennya). Setengah mati saya menyelesaikan “Tes latihan beban”-nya (padahal program tersebut dia design untuk kliennya yang berusia 41 tahun) dan dari “Tes kasus nyata”-nya baru saya sadari bahwa apa yang saya pelajari secara teoritis dari program sertifikasi dan textbook sangatlah kurang. Walau begitu, saya cukup senang bahwa dari 7 kandidat, saya adalah satu-satunya yang mampu menyelesaikan “Tes latihan beban” dan saya cukup bisa mengikuti “Tes kasus nyata” yang diberikan Coach Tobias.

Namun tetap, saya sedikit cemas menunggu keputusan akhir dari Fitness Indonesia, apakah saya sesuai dengan standar mereka. Bangga dan senang rasanya bahwa saya terpilih menjadi staf pelatih pertama Fitness Indonesia, tapi di satu sisi, saya pun bingung.

Dengan begitu, saya harus meninggalkan kota kelahiran saya dan merantau ke Jakarta, yang asing bagi saya. Tak hanya itu, saya juga harus meninggalkan tunangan saya, keluarga saya, serta teman-teman saya.

Coach Ryan Fitness IndonesiaCoach Ryan Fitness Indonesia
Coach Ryan bersama Orang Terdekat yang Ditinggilkannya - Demi Mengejar Impiannya Menjadi Pelatih Fitness Kompeten dan Passionate

Namun, 1 hal yang saya pelajari dari pengalaman saya membentuk tubuh saya dari 0 sampai menjadi juara ajang Body Contest adalah apabila kita memiliki sebuah mimpi, apapun mimpi tersebut, bukan hanya menyangkut kesehatan optimal atau bentuk badan impian, jangan biarkan apapun menghalangi kita untuk berusaha mencapainya. Dengan tekad yang kuat, pasti bisa!

Semoga cerita ini bisa menginspirasi anda untuk mengejar impian anda. Apapun itu, entah kesehatan optimal, bentuk badan impian, atau hal lainnya, apabila anda memimpikannya, berarti hal tersebut pantas diusahakan, seberapa sulitnya hal tersebut. Jangan mencari atau mengharapkan jalan pintas, melainkan hadapi segala tantangan dan halangan yang ada dengan tekad yang kuat

Cerita Kami

Subscribe Subscribe

Masukkan nama dan alamat email anda dan dapatkan tips-tips menarik seputar kesehatan serta promosi ekslusif dari Fitness Indonesia.



Back to Top