Fitness Pria Fitness Pria Fitness Wanita Fitness Wanita Blog Program Nav Nav Slider Nav Slider Nav
We deliver excellent results with commitment. Youtube Fitness Indonesia Facebook Fitness Indonesia Twitter Fitness Indonesia Member Fitness Indonesia

20 Fit Telah Hadir di PIK, tapi Apakah Benar Efektif?

20 Fit Telah Hadir di PIK, tapi Apakah Benar Efektif?

Seperti yang mungkin telah anda ketahui, selama kurang lebih 1-2 tahun terakhir, industri fitness di Indonesia dihebohkan dengan kehadiran brand atau merk fitness center/tempat fitness baru, yaitu 20 fit. Kehebohan kehadiran 20 fit semakin melonjak dengan dukungan (endorsement) dari beberapa selebriti Indonesia, yang tidak mengherankan mengingat pemilik atau pencetus dari 20 fit juga merupakan seorang selebriti kondang Indonesia. Berawal dari Cipete, Jakarta Selatan, 20 fit sudah merambah ke seluruh daerah Jakarta. Dengan cepat, 20 fit hadir di PIK, Kelapa Gading, bahkan daerah SCBD. Tak berhenti sampai disitu, industri fitness di luar Jakarta pun sudah diramaikan dengan kehadiran 20 fit. Dan, menurut beberapa artikel, sudah sampai ke luar negeri juga, seperti Kamboja!

Tapi, apakah 20 fit itu? Apa yang membuatnya berbeda dari brand atau merk tempat fitness besar lainnya seperti Gold Gym, Celebrity Fitness, Best Fitness, atau Fitness First?

Alamat 20 Fit PIK

Kita mulai dari yang jelas dulu. Dari segi lokasi, tidak seperti mega gym, 20 fit jarang berada di dalam kompleks mall, seperti misalnya alamat 20 fit PIK adalah di kompleks ruko BGM, sementara alamat mega gym biasanya di kompleks mall lantai atas. Perbedaan lokasi tentu saja membawa perbedaan pada area latihan. Mega gym pada umumnya sangat luas sampai beribu-ribu meter persegi,

Harga Member 20 Fit

sementara 20 fit, seperti 20 fit PIK hanya berkisar 70 m2. Dari segi harga, secara 20 fit menggunakan peralatan modern, tentu harga member 20 fit, entah di PIK atau Kelapa Gading, jauh lebih mahal dibandingkan dengan mega gym pada umumnya.

Perbedaan paling crucial atau penting antara 20 fit dan tempat fitness besar pada umumnya adalah pada metode dan filosofi latihannya. Mana yang lebih efektif? Mana yang perlu anda utamakan atau anda pilih? Mari kita lihat.

Berbeda dengan gym lain pada umumnya, 20 fit tidak menggunakan peralatan fitness konvensional seperti beban (dumbbell dan barbell). 20 fit menggunakan alat EMS (Electric Muscle Stimulation) dengan merk MIHA BodyTech dari Jerman, yang sebenarnya sudah beredar dan digunakan para atlit pro cukup lama. Prinsipnya, EMS menstimulasi otot untuk berkontraksi dengan cara mengalirkan arus listrik lemah ke otot tersebut. Dengan prinsip ini, 20 fit pun beranggapan bahwa latihan dengan metode EMS selama 20 menit akan sama efektifnya dengan latihan beban secara konvensional selama 2 jam (anggapan yang sedikit janggal mengingat kita tidak perlu latihan beban konvensional selama 2 jam untuk hasil efektif. Atlit pun tidak melakukan itu).

Namun, apakah benar seperti itu?

Sebenarnya, EMS training dan metode latihan beban konvensional memiliki tujuan yang sama, yaitu melatih otot kita dengan cara menstimulasi kontraksi otot.Perbedaannya, yang satu mencapainya melalui aliran listrik kecil, yang satu dengan cara membebaninya. Metode EMS memang lebih aman dibandingkan metode konvensional karena metode konvensional menggunakan tekanan/beban yang lebih membebani struktur tulang kita. Karena itulah metode EMS banyak digunakan untuk rehab setelah cedera (oleh para atlit dan populasi umum) atau untuk menjaga massa otot agar tidak menyusut ketika proses penyembuhan dari cedera dimana latihan beban konvensional tidak memungkinkan. Metode EMS juga umum digunakan di kalangan orang lanjut usia (50 tahun ke atas), dimana metode latihan konvensional akan lebih beresiko, untuk sekedar menjaga massa otot.

20 fit jakarta
Apabila Anda baru saja mengalami cedera lutut seperti ACL tear, metode EMS adalah awal yang bagus untuk proses rehab

Bagaimana dengan anda yang tidak sedang dalam proses penyembuhan, tidak sedang dalam proses rehab, dan masih berusia muda? EMS atau konvensional?

Jawabannya tegas, yaitu latihan beban konvensional! Memang para atlit menggunakan metode EMS ketika rehab, tapi 1 hal yang tak mungkin dihindari oleh para atlit untuk memaksimalkan performa fisiknya adalah latihan beban konvensional. Begitu pula dengan para binaragawan. Metode EMS memang ada gunanya sendiri di dunia atletik dan binaraga, tapi metode EMS tidak akan bisa menggantikan latihan beban konvensional. Dari sisi massa otot dan strength development, latihan beban konvensional masih tak tergoyahkan dari posisinya sebagai metode yang paling ampuh.

Begitu pula halnya dengan pembakaran lemak. Tak seperti metode EMS, latihan beban konvensional memiliki pengaruh lebih tinggi terhadap perubahan profil hormonal anda, seperti growth hormone, kortisol, dan testonsteron. Ketiganya merupakan hormon yang penting dalam pembakaran lemak. Memang banyak orang mengatakan latihan metode EMS melelahkan dan mengeluarkan banyak keringat, walau lebih singkat dari latihan beban. Sayangnya, lelah dan banyak berkeringat bukan berarti banyak lemak yang terbakar. Anda duduk diam di ruang sauna juga akan berkeringat tapi bukan berarti lemak anda terbakar banyak bukan? Anda lelah mengurus bayi kecil anda di rumah atau jalan mutar-muter di mall bukan berarti lemak anda banyak terbakar bukan? Jadi, untuk pembakaran lemak, latihan beban konvensional tetap yang utama.

Intinya, latihan metode EMS seperti 20 fit adalah alternatif kedua apabila latihan beban konvensional tidak memungkinkan karena faktor resiko (umur) atau cedera. Selama masih memungkinkan, go for conventional! Gunakan metode latihan EMS hanya sebagai metode suportif, bukan sebagai metode latihan utama atau satu-satunya!

20 fit jakarta
Ini yang Efektif Bakar Lemak, Bentuk Otot, dan Bikin Kuat

Karena itulah, gym kami di PIK dan Kelapa Gading (Bekasi coming soon) tetap berpegang pada prinsip-prinsip dan metode latihan yang konvensional  Namun, konvensional disini bukan berarti tua dan ketinggalan zaman. Seiring perkembangan teknologi penelitian serta hasil-hasil penelitian ilmiah, prinsip-prinsip, teori, serta metode latihan beban konvensional pun akan terus berevolusi dan kami pun bertumbuh seiring evolusi tersebut. Namun, 1 hal yang pasti, apapun tujuan anda, strength development, pembakaran lemak, pembentukan massa otot, metode latihan beban konvensional telah teruji selama berpuluh-puluh tahun sebagai metode latihan yang paling ampuh dan efektif selama prinsip dan teorinya tidak dilanggar.

Jadi, apakah anda memiliki elemen latihan yang utama untuk mencapai tujuan anda, yaitu latihan beban konvensional sesuai dengan prinsip, teori, dan ilmu sains di bidang latihan? Bila belum, kami bisa mengisi ruang tersebut. Hubungi kami langsung sekarang!

PS: Agar anda tidak kelewatan tips dan info mengenai pola latihan yang efektif, tidak saja dalam menurunkan berat badan atau membakar lemak, tapi juga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup anda secara umum, pastikan anda subscribe ke newsletter Fitness Indonesia dengan mengisi nama dan email anda di kotak yang tersedia di sisi kanan layar komputer anda. Tak ketinggalan, dengan subscribe diri anda, anda mendapatkan kesempatan untuk menggunakan promosi-promosi eksklusif dari Fitness Indonesia khusus untuk para subscriber.

Untuk program latihan yang efektif, efisien, dan dijamin berhasil dalam membawa anda ke berat dan bentuk badan ideal anda serta meningkatkan kualitas hidup anda, segera daftarkan diri anda ke salah satu program gym atau program online kami. Sementara untuk suplemen diet Pharmaceutical Grade merk #1 di USA, silahkan lihat katalog suplemen kami.

PPS: Artikel ini berguna untuk anda? Anda mempelajari info baru dari artikel ini? Jika iya, saya mohon agar anda share artikel ini di akun twitter atau facebook anda! Pastikan teman dan keluarga anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan info baru dari artikel ini.

Salam,

Coach Tobias (@IndonesianStrengthCoach) - 0878-8410-3904/2A9F0CF0

Fitness Indonesia - "The Indonesia's Only Fitness Service Provider with 30-Day Money Back Guarantee"

"Fitness Indonesia - We Deliver Excellent Results with Commitment"

Post-Post Yang Mungkin Anda Suka

Forum Diskusi

Blog Post Terbaru

Kategori

Arsip

Subscribe Subscribe

Masukkan nama dan alamat email anda dan dapatkan tips-tips menarik seputar kesehatan serta promosi ekslusif dari Fitness Indonesia.



Program Fitness

Untuk pria dan wanita yang serius mendapatkan hasil.

Back to Top