We deliver excellent results with commitment. Youtube Fitness Indonesia Facebook Fitness Indonesia Twitter Fitness Indonesia Member Fitness Indonesia

1 Rahasia Coach Tobias dalam Membentuk Otot

1 Rahasia Coach Tobias dalam Membentuk Otot

Sudah menjadi anggapan di masyarakat umum bahwa untuk membentuk biceps anda harus fokus ke latihan isolasi untuk biceps. Sementara jika membentuk bahu adalah tujuan anda, anda harus banyak melakukan lateral raises yang mengisolasi otot bahu. Walaupun demikian, cara ini (mengisolasi otot yang ingin anda bentuk) bukan merupakan cara yang paling efektif untuk membentuk otot.

Jangan salah sangka. Saya bukan mengatakan bahwa latihan isolasi tidak diperlukan. Akan tetapi, hanya melakukan latihan tersebut bukanlah cara efektif untuk membentuk otot yang ditargetkan. Sayangnya, ini adalah apa yang umumnya orang lakukan. Jika tujuan mereka membentuk otot bahu, mereka akan fokus latihan mereka ke berbagai variasi lateral raises atau frontal raises. Akhirnya, mereka melakukan terlalu banyak latihan isolasi yang malah menjadi counterproductive.

Jadi bagaimana seharusnya?

Di Fitness Indonesia, latihan isolasi hanya merupakan bagian kecil dari program training kami. Sementara sisanya akan difokuskan untuk latihan compound yang melatih lebih dari 1 grup otot. Beberapa latihan compound yang paling efektif dalam membentuk otot (apapun otot yang ingin anda bentuk) adalah deadlift dan variasinya, barbell/dumbbell press (seperti shoulder press dan bench press), dan squats. Latihan compound lain yang juga jauh lebih efektif dari latihan isolasi adalah dips dan chinup beserta variasinya. Dengan memfokuskan diri pada latihan-latihan compound sewaktu training anda, anda akan memetik hasil maksimal dan efektif dari usaha anda membentuk otot.

Mengapa demikian?

Mari kita bicara soal grup otot anda, misalnya biceps. Ketika orang bicara soal otot biceps, mereka menunjuk bukan ke 1 sel atau serat otot, melainkan ribuan atau bahkan jutaan serat otot. Setiap serat otot bekerja seperti lampu dengan saklar masing-masing. Di ilmu anatomi, saklar tersebut dinamakan motor unit. Jika motor unit ini dalam posisi on, serat otot yang terhubung dengan motor unit tersebut akan berkontraksi.

Tergantung dari apa yang anda lakukan dan berat beban yang harus diangkat, grup otot anda akan mengaktifkan motor unit-motor unit­ tersebut secukupnya. Jadi, jika beban anda enteng atau gerakan yang hendak anda lakukan sederhana, mungkin hanya 30% dari total motor unit akan diaktifkan. Sementara jika beban anda lebih berat atau gerakan anda lebih kompleks, total motor unit yang diaktifkan akan lebih besar.

Tidak hanya itu, aktivasi motor unit-motor unit tersebut selalu berurutan. Jadi, motor unit yang pertama merupakan yang paling sering aktif, sementara yang urutan belakang adalah yang paling jarang aktif. Konsekuensinya, serat otot yang terhubung dengan motor unit pertama merupakan serat otot yang paling terbentuk sementara yang terhubung dengan motor unit urutan belakang adalah yang paling tidak terbentuk. Di sisi lain, karena serat otot urutan depan sudah terbentuk, potensinya untuk bertumbuh lebih lanjut melalui training dan latihan beban akan terbatas sementara serat otot urutan belakang, walaupun belum terbentuk, memiliki potensi pertumbuhan yang paling besar.

Nah, sekarang kembali ke latihan isolasi.

latihan membentuk otot
Deadlift - Salah Satu Gerakan Efektif Membentuk Otot

Sayangnya untuk latihan isolasi, beban yang digunakan pada umumnya tidak terlalu berat dan gerakannya tergolong sederhana. Hasilnya, anda hanya akan mengaktifkan motor unit urutan depan. Padahal untuk membentuk otot dengan efektif, anda harus mengenai motor unit urutan belakang, yang terhubung dengan serat otot dengan potensi pertumbuhan terbesar.

Sekali lagi, solusinya mudah saja, yaitu latihan compound! Hasilnya, anda akan membentuk otot anda secara keseluruhan dengan lebih maksimal dan efektif.

Karena itulah, apapun otot yang ingin anda bentuk, pastikan untuk memfokuskan diri anda pada latihan compound dengan sedikit waktu disisihkan untuk latihan isolasi. Dengan begitu, anda akan memetik hasil maksimal dan efektif dari usaha anda membentuk otot, seperti halnya klien-klien Fitness Indonesia, terutama yang mengambil program bentuk otot

PS: Agar anda tidak kelewatan tips dan info-info membentuk otot lainnya, pastikan anda subscribe ke newsletter Fitness Indonesia dengan mengisi nama dan email anda di kotak yang tersedia di sisi kanan layar komputer anda. Tak ketinggalan, dengan subscribe diri anda, anda mendapatkan kesempatan untuk menggunakan promosi-promosi eksklusif dari Fitness Indonesia khusus untuk para subscriber.

Untuk program diet dan training yang terjamin akan membantu anda dalam membentuk minimal 1kg otot setiap bulannya, segera daftarkan diri anda ke salah satu program gym atau program online kami. Sementara untuk suplemen diet Pharmaceutical Grade yang efektif dan dijamin aman, silahkan lihat katalog suplemen kami.

PPS: Artikel ini berguna untuk anda? Anda mempelajari info baru dari artikel ini? Jika iya, saya mohon agar anda share artikel ini di akun twitter atau facebook anda! Pastikan teman dan keluarga anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan info baru dari artikel ini.

Salam,

Coach Tobias (@CoachTobiasIndo)

Post-Post Yang Mungkin Anda Suka

Forum Diskusi

Blog Post Terbaru

Kategori

Arsip

Subscribe

Masukkan nama dan alamat email anda dan dapatkan tips-tips menarik seputar kesehatan serta promosi ekslusif dari Fitness Indonesia.



Program Fitness

Untuk pria dan wanita yang serius mendapatkan hasil.