We deliver excellent results with commitment. Youtube Fitness Indonesia Facebook Fitness Indonesia Twitter Fitness Indonesia Member Fitness Indonesia

Research Review: Glutamine Tidak Berguna - Sampai Saat Ini

Research Review: Glutamine Tidak Berguna - Sampai Saat Ini

Mungkin di antara anda yang "hobi" membeli/mengkonsumsi suplemen serta menjual suplemen sebagai bisnis sampingan anda (tak ada yang salah dengan itu) akan langsung "melotot" melihat judul di atas, tapi seperti Layne Norton PhD (Nutritional Science) selalu bilang "Jangan benci pembawa pesannya, benci data-data penelitiannya."

Berikut adalah reviewnya.

Asam amino adalah komponen dari protein dan bisa dibagi menjadi 2 kategori, yaitu asam amino esensial dan non-esensial. Asam amino esensial tidak bisa disintesis oleh tubuh dan maka itu, harus disuplai dari diet. Sementara asam amino non-esensial bisa diproduksi lewat sintesis "de novo" dari asam amino atau molekul lain yang tersedia di dalam tubuh. Satu asam amino non-esensial yang kemungkinan besar sudah anda dengar adalah...

Baca selengkapnya...

Clean Eating dan Dirty Eating - Hentikan Rasisme Terhadap Makanan

Clean Eating dan Dirty Eating - Hentikan Rasisme Terhadap Makanan

Sering saya mendapatkan pertanyaan, bukan hanya dari klien saya, tapi dari "general inquiry" melalui BBM/SMS/email saya juga, semacam ini:

  1. Coach, makanan apa yang sehat?
  2. Coach makanan apa yang bagus untuk diet? Bagus untuk menurunkan berat badan/membakar lemak? Atau bagus untuk membentuk otot?
  3. Coach, makanan ini sehat gak?

Jujur, soal makanan sehat atau tidak itu hanya label pemasaran saja. Dan pemasangan label ini diperparah dengan berbagai fitness/nutrition/health blog yang mengelompokkan makanan seperti ini, seperti 10 makanan sehat atau daftar makanan untuk menurunkan berat badan, makanan yang perlu dihindari ketika diet.

Here is the deal!

Makan sehat (clean eating) dan makan tidak sehat (dirty eating) adalah pengelompokkan yang didasarkan pada generalisasi, arogansi, dan...

Baca selengkapnya...

Tips Mantap Menghindari Sakit di Musim Hujan

Tips Mantap Menghindari Sakit di Musim Hujan

Kombinasi cuaca yang tak menentu dan hujan yang deras serta sporadik bisa meningkatkan beban sistem daya tahan tubuh anda dan meningkatkan resiko anda terserang penyakit dan infeksi. Beberapa strategi nutrisi sederhana bisa secara drastis menurunkan resiko anda terserang penyakit dan menjaga anda agar tetap dalam kondisi prima untuk berlatih selama musim hujan.

Berikut adalah 7 tips mantap untuk tetap prima selama musim hujan dari saya:

  1. Konsumsi karbohidrat setelah selesai latihan, dan ketika latihan bersifat "endurance" yang berlangsung lebih dari 90 menit, untuk menjaga peningkatan hormon stress (Kortisol) dan penurunan sistem daya tahan tubuh karena latihan. Kupas tuntas mengenai "Konsumsi karbohidrat setelah latihan" bisa dilihat disini
  2. Pastikan anda mengkonsumsi cukup protein...
Baca selengkapnya...

5 Prinsip Dasar Soal Suplemen

5 Prinsip Dasar Soal Suplemen

Sering saya (dan mungkin terlalu sering) mendapat pertanyaan soal suplemen. Untuk membantu anda yang mungkin memiliki pertanyaan atau kebingungan soal suplemen (dan juga membantu saya menjawabnya), berikut adalah 5 prinsip yang perlu anda perhatikan mengenai suplemen sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya:

Basic First

Sebelum beralih ke suplemen, tinjaulah dasar-dasar pelaksanaan diet anda terlebih dahulu. Apakah anda mengkonsumsi cukup protein dan karbohidrat? Apakah nutrisi anda tepat dan cukup sebelum sesi latihan? Apakah anda mengkonsumsi jenis makanan yang tepat setelah latihan untuk memaksimalkan pemulihan anda? Anda akan mendapatkan peningkatan yang lebih signifikan pada latihan dan performa, proses pemulihan, serta hasil yang akan anda peroleh, jika anda meningkatkan...

Baca selengkapnya...

Research Review: Suplemen Antioksidan, Apakah Dibutuhkan?

Research Review: Suplemen Antioksidan, Apakah Dibutuhkan?

Banyak atlit menggunakan suplemen antioksidan, secara hal tersebut dipercaya untuk mempercepat proses pemulihan dan mengurangi rasa pegal otot. Walaupun kenyataannya seperti itu, dosis antioksidan yang berlebihan juga bisa membawa pengaruh buruk.

Mari kita lihat peran antioksidan dalam konteks ini dan apakah suplementasi antioksidan memang diperlukan bagi atlit, atau kita yang secara rutin berlatih dan berolahraga di tengah kesibukan kita.

"Reactive Oxygen Species" (ROS) terbentuk ketika metabolisme oksigen dan merupakan produk "intermediate" yang penting dalam beberapa proses biokimia, seperti mengontrol respon sistem daya tahan tubuh serta perilaku sel tubuh terhadap patogen. Terlepas dari efek positifnya, ROS dalam konsentrasi cukup tinggi bisa merusak struktur sel tubuh karena...

Baca selengkapnya...

Nyeker di Tempat Fitness di Jakarta? Mana Boleh!

Nyeker di Tempat Fitness di Jakarta? Mana Boleh!

Pernahkan anda menemukan sebuah gym yang memperbolehkan anda latihan beban tanpa alas kaki? Saya yakin, tak ada tempat fitness di Jakarta yang memperbolehkan hal tersebut. Mau tempat fitnes di Jakarta Selatan sampai di Jakarta Utara, belum pernah saya menemukan tempat seperti itu. Jangankan di Jakarta saja, mungkin di seluruh Indonesia, mungkin tidak ada gym yang memperbolehkan anda melakukan itu. Namun, fakta ini berubah, ketika sebuah tempat fitnes di Kelapa Gading, Jakarta Utara yang dikenal dengan gym “Fitness Indonesia” muncul. Di gym, tidak saja anda akan diperbolehkan, tapi anda akan sangat disarankan untuk latihan beban tanpa alas kaki. Mengapa demikian?

Sepatu Pada Umumnya

Lagi-lagi, seperti semua norma lain di gym “Fitness Indonesia”, norma yang satu ini juga ditujukan...

Baca selengkapnya...

Research Review: Shoulder Press dan Resiko Cedera Bahu

Research Review: Shoulder Press dan Resiko Cedera Bahu

Sebuah peninjauan studi ilmiah tahun 2001 berjudul “Subacromial Impingement Syndrome – Has Evolution Failed us? (Sindrom Tubrukan Subakromial – Apakah Evolusi Merugikan Kita?)” oleh Lewis dan tim penelitinya (1) mengemukakan beberapa poin menarik mengenai evolusi sendi bahu manusia. Sekedar info, sindrom tubrukan subakromial adalah kondisi medis dimana tendon dari otot rotator eksternal/rotator cuff teriritasi dan meradang di daerah bawah sendi bahu yang sering disebut subacromial space. Seperti biasa, peninjauan ini membuat saya berpikir mengenai latihan dan bagaimana adaptasi dari proses evolusi manusia ini berhubungan dengan perancangan program latihan.

Salah satu poin menarik yang dicantumkan Lewis berhubungan dengan sudut glenoid fossa. Untuk anda yang kurang “akrab” dengan...

Baca selengkapnya...
Older Entries »

Blog Post Terbaru

Kategori

Arsip

Subscribe

Masukkan nama dan alamat email anda dan dapatkan tips-tips menarik seputar kesehatan serta promosi ekslusif dari Fitness Indonesia.



Program Fitness

Untuk pria dan wanita yang serius mendapatkan hasil.